Kunjungan Sekolah Kabupaten Banjar

Tim GNOTA mendapat kesempatan untuk mengunjungi beberapa sekolah di Desa Alalak Padang, Kab. Banjar, Kalimantan Selatan, pada Senin (18/9). Perjalanan dimulai dari kota Banjarmasin dengan menempuh perjalanan selama 2 jam dengan menggunakan mobil. Jalur yang dilewati cukup sulit karena kondisi jalan yang kecil dan belum di aspal. Berhubung, untuk masuk ke area sekolah tidak bisa menggunakan mobil, jadi perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan motor selama 10 menit untuk mencapai sekolah.

Kunjungan pertama menuju SDN Alalak Padang dan kemudian selanjutnya ke SMPN 7 Simpang Empat yang letaknya berdekatan dengan dikelilingi oleh padang rumput dan rawa-rawa. Pada waktu itu kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung, walapun gedung sekolah terbuat dari kayu, kelas 2 dan 3 maupun kelas 4 dan 5 dijadikan satu kelas, dengan triplek sebagai pembatasnya, namun anak-anak yang mengikuti kegiatan belajar mengajar terlihat tekun belajar.

Seperti biasa, tim GNOTA masuk ke beberapa kelas di SDN dan SMPN dan melakukan permainan seputar cita-cita. Ternyata ada salah satu anak kelas 6, yaitu Soliah, ingin menjadi dokter anak. Tidak tanggung-tanggung, dia sudah menyimpan “bekal” demi menggapai cita-citanya tersebut, dengan melakukan hal-hal kecil seperti membantu ayah ibu nya ketika sedang sakit dan mengobati adiknya ketika terluka.

Semoga hal ini bisa menjadi inspirasi bagi teman-teman Soliah yang lain untuk mencapai cita-cita yang diharapkan.